PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASIANGGOTA KUD BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Siti Fitriyana, 7101411100 (2015) PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASIANGGOTA KUD BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411100-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi merupakan badan usaha yang bertujuan untuk kesejahteraan anggota dan senantiasa meningkatkan usaha yang ada di koperasi. Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi koperasi adalah adanya partisipasi anggota. Berkembang atau tidaknya koperasi di pengaruhi oleh partisipasi anggota. Hasil observasi awal di KUD Banyumanik, menunjukkan bahwa tingkat partisipasi dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT)masih rendah, partisipasi anggota dalam penggunaan jasa unit persewaan mengalami penurunan, dan pelayanan dalam unit waserda masih lambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh kemampuan manajerial pengurus dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota KUD Banyumanik Kota Semarang,(2) Seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial pengurus dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota KUD Banyumanik Kota Semarang baik secara simultan maupun parsial.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KUD Banyumanik yang berjumlah 548 anggota. Pengambilan sampel menggunakan metode secara acak random sampling berjumlah 85 anggota. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian diperoleh analisis deskriptif rata-rata kemampuan manajeril pengurus dalam kriteria sangat tinggi sebesar 87,2%, kualitas pelayanan dalam kriteria tinggi sebesar 76,9%, dan partisipasi anggota dalam kriteria rendah sebesar 58,5%. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh kemampuan manajerial pengurus dan kualitas pelayanan seecara simultan terhadap partisipasi anggota sebesar 42,4% dan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara parsial kemampuan manajerial pengurus berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi anggota dengan kontribusi sebesar 25,4%. Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi anggota dengan kontribusi sebesar 8,3%.Untukmeningkatkan partisipasi anggotaaktif, anggota perlu turut andil dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh KUD Banyumanik terutama dalam pemanfaatan jasa, permodalan dan rapat-rapat. Dalam kualitas pelayanan perlu ditingkatkan lagi pelayanannya, sehingga anggota semakin puas oleh pelayanan yang diberikan oleh koperasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial Pengurus, KualitasPelayanan, Partisipasi Anggota.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:13
Last Modified: 11 Nov 2015 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21155

Actions (login required)

View Item View Item