DETERMINAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR(Studi Kasus di SMAN 7 Semarang)


Arvany Dhin Azhari, 7101411098 (2015) DETERMINAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR(Studi Kasus di SMAN 7 Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411098-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum dimana siswa harus belajar secara mandiri dan berinisiatif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemandirian belajarsebagai intervening pengaruh lingkungan keluarga, peran guru, dan teman sebaya terhadap prestasibelajar mata pelajaran ekonomikelas X SMAN 7 SemarangTahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapatpengaruh positif antara lingkungan keluarga, peran guru, dan teman sebayaterhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 7Semarang baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu melalui kemandirian belajar.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi 216siswa kelas X SMAN 7Semarang dan sampel sebanyak141siswa yang diambil secara proportional random sampling.Metode pengumpulan data menggunakandokumentasi dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakananalisisdeskriptif dan analisis jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi secara langsung. Peran guru dan teman sebaya tidak berpengaruh secara langsungterhadap prestasibelajar. Sedangkan secara tidak langsung lingkungan keluarga, peran guru, dan teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa secara langsung, hanya lingkungan keluarga saja yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, namun secara tidak langsung lingkungan keluarga, peran guru, dan teman sebaya dapat mempengaruhi prestasi belajar, yaitu melalui kemandirian belajar. Saran yang diberikan dalam penelitian ini kepadakeluarga agar lebih meningkatkan suasana belajar dalam rumah. Untuk guru, agar lebih bekerja keras dalam melaksanakan penilaian penilaian dan lebih memperhatikan kemandirian belajar siswa.Dan untuk siswa, diharapkan lebih meningkatkan semangat dalam belajar dan hendaknya memilih lingkungan teman sebaya yang baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Ekonomi, Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:09
Last Modified: 11 Nov 2015 17:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21153

Actions (login required)

View Item View Item