PENGARUH METODE LATIHAN PASSING BAWAH SASARAN DIPERKECIL DAN BERPINDAH TERHADAP KETEPATAN PASSING BAWAH SEPAKBOLA (Eksperimen pada siswa SSB Batang Boys KU 13&14 Tahun 2014)


Sri Purwanto, 6301409070 (2015) PENGARUH METODE LATIHAN PASSING BAWAH SASARAN DIPERKECIL DAN BERPINDAH TERHADAP KETEPATAN PASSING BAWAH SEPAKBOLA (Eksperimen pada siswa SSB Batang Boys KU 13&14 Tahun 2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301409070-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mengumpan bola atau passing merupakan salah satu teknik dasar bermain yang paling sering dilakukan dalam permainan sepakbola. Rumusan masalah penelitian ini: 1) Apakah ada pengaruh latihan dengan metode latihan passing bawah sasaran diperkecil terhadap ketepatan hasil passing bawah sepakbola. 2) Apakah ada pengaruh metode latihan passing sasaran berpindah terhadap ketepatan hasil passing bawah sepakbola. 3) Manakah yang lebih baik antara latihan passing sasaran diperkecil dan berpindah terhadap ketepatan hasil passing bawah sepakbola. Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode latihan passing sasaran diperkecil terhadap ketepatan hasil passing bawah sepakbola. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode latihan passing sasaran berpindah terhadap ketepatan passing bawah sepakbola. 3) Mengetahui hasil yang lebih baik antara latihan passing sasaran diperkecil dan berpindah terhadap ketepatan hasil passing sepakbola. Metode penelitian dengan eksperimen pola M-S atau macthing by subjek design. Populasi penelitian siswa SSB Batang Boys Club tahun 2014 sejumlah 89, sampel penelitian siswa KU 13&14 sejumlah 20 orang dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu latihan sasaran diperkecil dan berpindah serta satu variabel terikat yaitu kemampuan passingbbawah. Instrumen tes menggunakan tes passing bawah. Analisis data menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikasi 5% dan d.b n-1. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan: 1) Pada kelompok eksperimen 1 diketahui thitung > ttabel atau 5,238 > 1,83, berarti ada pengaruh yang signifikan, 2) Pada kelompok eksperimen 2 diketahui thitung < ttabel atau 1,742 < 1,83, berarti tidak ada pengaruh yang signifikan , 3) Hasil uji post test kelompok eksperimen 1 dan 2 diketahui thitung > ttabel. atau 2,121 > 1.83, berarti ada perbedaan pengaruh yang signifikan. Simpulan hasil penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan pada metode latihan sasaran diperkecil. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan pada metode latihan sasaran berpindah. 3) Ada perbedaan pengaruh antara metode latihan sasaran diperkecildan sasaran berpindah terhadap ketepatan hasil passing. Saran penelitian adalah : 1.) Pelatih harus tepat dalam memberikan latihan antara latihan passing sasaran diperkecil dan berpindah karena ada dua perbedaan pada dua model latihan tersebut. 2) Latihan melalui model passing bawah sepakbola dengan metode passing sasaran diperkecil lebih baik dibandingkan dengan metode latihan sasaran berpindah. 3) dapat dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor dan sample lain untuk mencari efektifitas metode latihan terhadap kemampuan passing bawah sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sasaran Diperkecil, Sasaran Berpindah, Passing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:08
Last Modified: 11 Nov 2015 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21152

Actions (login required)

View Item View Item