KECERDASAN EMOSIONAL SISWA ANGGOTA“GENG” KELAS XI-IIS.3 DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN 2014/2015


Vatin Hamamah , 1301410050 (2015) KECERDASAN EMOSIONAL SISWA ANGGOTA“GENG” KELAS XI-IIS.3 DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301410050-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama masa remaja banyak terbentuk kelompok-kelompok teman sebaya sebagai wadah penyesuaian pribadi dan sosial remaja, salah satunya yaitu kelompok geng. Geng dapat terbentuk di lingkungan sekolah karena sebagian besar waktu siswa dihabiskan di lingkungan sekolah. Dengan adanya kelompok geng dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Hal tersebut tergantung pada kecerdasan emosional yang dimiliki siswa anggota geng tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan emosional siswa anggota “geng” kelas XI-IIS.3 di SMA Kesatrian 2 Semarang tahun 2014/2015?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa anggota “geng” kelas XI-IIS.3 di SMA Kesatrian 2 Semarang tahun 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IIS di SMA Kesatrian 2 Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling purposive. Terdapat satu variabel dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional siswa anggota geng. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi. Skala kecerdasan emosional siswa sebanyak 53 butir. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment. Uji reliabitilitas menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional siswa anggota geng termasuk dalam kategori sedang (65,87%). Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan adalah bagi guru BK, diharapkan dapat memberikan layanan-layanan yang berkenaan dengan mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Misalnya, melalui layanan informasi supaya siswa lebih mengetahui dan memahami tentang mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Selain itu, dapat juga melalui layanan penguasaan konten mengenai cara membina hubungan yang baik dengan orang lain. Melalui layanan-layanan tersebut diharapkan mampu mengembangkan kecerdasan emosional siswa. Sedangkan bagi siswa, diharapkan dapat bersosialisasi lebih baik lagi baik dengan teman sebaya maupun dengan lingkungan sekitar supaya dapat tercipta suasana yang nyaman dan bersahabat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, geng
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:02
Last Modified: 11 Nov 2015 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21147

Actions (login required)

View Item View Item