HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DENGAN HASIL TENDANGAN SHOOTING KEARAH GAWANG DALAM SEPAKBOLA PADA KLUB TUNAS MUDA BLORA U14-15


Eko Dwi Purnomo , 6301407115 (2015) HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DENGAN HASIL TENDANGAN SHOOTING KEARAH GAWANG DALAM SEPAKBOLA PADA KLUB TUNAS MUDA BLORA U14-15. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301407115-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah : “Adakah hubungan antara Tingkat Kecerdasan Emosional (EQ) Dengan Hasil Tendangan shooting Kearah gawang pada pemain Tunas Muda U14-15 Tahun 2014“. Dengan diketahui bahwa nilai Kecerdasan Emosional (EQ) adalah sebagai variabel bebas (X), sedangkan nilai dari Hasil Tembakan Kearah gawang adalah sebagai variabel terikat (Y). Populasi dari penelitian ini adalah semua semua pemain Tunas Muda kelompok umur U14-15. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 21 orang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode yang digunakan merupakan metode Survey yang berbentuk angket untuk mengambil kecakapan emosi. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diajukan hipotesis bahwa H0 : koefisien regresi tidak signifikan, dan H1 : koefisien regresi adalah signifikan. Ketentuan berdasarkan pada nilai - t, jika nilai yang diperoleh t hitung>t tabel α 0.05 (dk = n – 2) maka H0 ditolak, dan jika t hitung <t tabel α 0.05 (dk = n – 2) maka H0 diterima. Berdasarkan uji hipotesis penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa : hipotesis alternatif yang diajukan adalah “diterima”, dan hipotesis nihil yang diajukan adalah “ditolak”. Jadi dapat disimpulkan bahwa :“Ada Hubungan yang Signifikan antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan hasil tendangan shooting kearah gawang pada pemain Tunas Muda U 14-15’’. Pada proses penelitian ini yang berjalan dari awal hingga akhir, peneliti menjumpai berbagai macam pandangan baru tentang karakteristik tingkat Kecerdasan Emosional (EQ). Oleh karenanya, banyak sumbangsih saran yang ditulis didalam penelitian ini, antara lain ialah : 1) Bagi para pelatih hendaknya tidak hanya memperhatikan aspek teknik saja tetapi jugaaspek tingkat Kecerdasan Emosional (EQ) untuk mencetak pemain yang handal dan cerdas. 2) Bagi para pemain hendaknya menggali kemampuan Kecerdasan Emosinya untuk menunjang prestasi di lapangan maupun prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecerdasan Emosional (EQ), Hasil Tendangan Shooting Kearah gawang
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:01
Last Modified: 11 Nov 2015 17:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21146

Actions (login required)

View Item View Item