PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, LINGKUNGAN SOSIAL, POTENSI DIRI DAN INFORMASI PERGURUAN TINGGI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KEBUMEN


Wiwit Febriana Sari, 7101411093 (2015) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, LINGKUNGAN SOSIAL, POTENSI DIRI DAN INFORMASI PERGURUAN TINGGI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411093-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal menunjukan bahwa minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen Tinggi tergolong tinggi. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara pendapatan orang tua, lingkungan sosial, potensi diri dan informasi perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen (120 siswa). Metode pengambilan sampel menggunakan simplerandom sampling, sebanyak 96 siswa. Metodeangket, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara simultan antara pendapatan orang tua, lingkungan sosial, potensi diri dan informasi perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 46,70 %. Tidak ada pengaruh secara signifikan pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Secara parsial lingkungan sosial berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 5,06 %. Potensi berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 25,40 %. Informasi perguruan tinggi berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 14,75 %.Simpulan dari penelitian ini ialah pendapatan orang tua, lingkungan sosial, potensi diri dan informasi perguruan tinggi berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi siswaagar mempersiapkandirinya dengan baik ketika memiliki minat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, mengembangkan potensi yang dimiliki, serta aktif mencari informasi mengenai perguruan tinggi. Bagi sekolah, hendaknya memberikan dukungan moral dan motivasi kepada siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.Bagi orang tuaagar memberikan dukungan sepenuhnya terhadap anak-anaknya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Bagi Pemerintahhendaknya tetap menjaga dan mengembangkan program-program bantuan biayapendidikan terhadap siswa yang tidak mampu dari segi ekonomi namun memiliki nilai akademik yang bagus agar memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial, Potensi Diri, Informasi perguruan Tinggi, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:59
Last Modified: 11 Nov 2015 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21145

Actions (login required)

View Item View Item