ANALISIS PERFORMA MESIN MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM DENGAN ETHANOL TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA TOYOTA KIJANG INNOVA TIPE 1TR-FE


Farkhan , 5211312051 (2015) ANALISIS PERFORMA MESIN MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM DENGAN ETHANOL TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA TOYOTA KIJANG INNOVA TIPE 1TR-FE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5211312051-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (753kB) | Preview

Abstract

Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik daya dan torsi Toyota kijang Innova 1TR-FE dengan menggunakan campuran bahan bakar premium dengan ethanol. Laporan tugas akhir ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode observasi yaitu dengan cara mengamati dan mengerjakan secara langsung proses pekerjaan pada saat pengujian performa mesin dari awal hingga akhir. Metode dokumentasi digunakan untuk mencari data-data yang berkaitan dengan topik tugas akhir dari buku jurnal, dan internet. Sedangkan metode wawancara yaitu dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada dosen pembimbing laporan tugas akhir dan kepada dosen pembimbing lapangan pada saat melakukan pengujian performa. Pengujian dengan komposisi 10%, 20% dan 30% aditif meningkatkan daya dan torsi walaupun sedikit dan faktor lain dengan penambahan aditif dapat mengurangi masalah polusi akibat emisi gas buang hasil pembakaran berupa karbondioksida (CO2), karbonmonoksida (CO), oksida nitrogen (NOx). P norm atau daya selalu naik pada putaran mesin rendah, menengah dan tinggi. Sedangkan M norm atau torsi naik pada putaran mesin rendah hingga menengah, tetapi pada putaran mesin menengah hingga tinggi mengalami penurunan. P wheel atau daya roda sama seperti P norm selalu naik pada putaran mesin rendah, menengah dan tinggi walaupun nilainya lebih kecil. P drag atau daya tarik terjadi setelah akselerasi, selalu meningkat pada tiap putaran mesin, dapat dikatakan simulasi angin dari depan sehingga pengujian seperti kondisi normal berkendara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Premium dengan ethanol, Daya, Torsi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:58
Last Modified: 11 Nov 2015 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21144

Actions (login required)

View Item View Item