PERANCANGAN APLIKASI ALAT PEMESANAN TIKET BUS DENGAN PERANGKAT TELEPON GENGGAM BERBASIS J2ME (STUDI KASUS PADA PO. BEJEU)


Imam Rudy Pradana, 5301408005 (2015) PERANCANGAN APLIKASI ALAT PEMESANAN TIKET BUS DENGAN PERANGKAT TELEPON GENGGAM BERBASIS J2ME (STUDI KASUS PADA PO. BEJEU). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5301408005-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Transportasi publik saat ini mulai mengalami perkembangan yang sangat pesat, kemudahan dalam pelayanan menjadi salah satu faktor penting berkembangnya transportasi publik. Kesadaran masyarakat ini mendorong Perusahaan Otobus (PO) Bejeu untuk menawarkan kemudahan kepada masyarakat atau pengguna alat transportasi publik di dalam memberikan pelayanan, khususnya dalam pemesanan tiket bus. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem pemesanan tiket bus berbasis J2ME yang dapat diterapkan di PO. Bejeu serta menguji kelayakan dan keandalan sistem informasi laboratorium ini. Pengguna dari sistem informasi laboratorium ini terdiri dari administrator, agen, dan pelanggan PO. Bejeu. Sistem Pemesanan ini dikembangkan dengan metode waterfall yang terdiri dari analisis sistem, perancangan sistem, pengembangan sistem, pengujian sistem, verifikasi dan validasi sistem, uji coba sistem, dan analisis hasil. Kemudian pengujian sistem informasi ini menggunakan metode blackbox testing untuk menguji fungsionalitas, performance testing untuk menguji performa, dan control testing untuk menguji pengendalian sistem. Dari hasil penelitian, Telah berhasil dibuat sistem pemesanan tiket bus Bejeu sehingga pemesanan tiket menjadi lebih efektif, efisien dan aman, dan sistem ini layak digunakan di PO. Bejeu. Meninjau hasil pengujian dengan blackbox testing didapatkan persentasi keberhasilan sebesar 87,76%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: J2ME, Sistem Pemesanan, Blackbox.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:54
Last Modified: 11 Nov 2015 16:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21143

Actions (login required)

View Item View Item