EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK DASAR UNTUK KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK TUNAS HARAPAN PAT


Soni Susilo, 5301408019 (2015) EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK DASAR UNTUK KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK TUNAS HARAPAN PAT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5301408019-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media penghantar pembelajaran merupakan faktor yang penting dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pengajaran. Pembelajaran pada materi instalasi listrik dasar di SMK Tunas Harapan Pati masih menggunakan metode ceramah oleh guru dengan bantuan modul buku ajar. Hal ini menyebabkan siswa pasif dan bosan sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Dengan multimedia pembelajaran ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi tersebut sehingga pembelajaran lebih efektif dan hasil belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran instalasi listrik dasar bagi siswa yang diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran instalasi listrik dasar. (2) Mengetahui efektifitas pembelajaran pada mata pelajaran instalasi listrik dasar bagi siswa yang diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran instalasi listrik dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Metode analisis data menggunakan uji t, uji homogenitas menggunakan rumus dua varians, kemudian untuk menghitung peningkatan hasil belajar menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada nilai pre-test memiliki nilai terendah 32 dan nilai tertinggi 76 dengan nilai rata-rata 50,15 sedangkan pada nilai post-test memiliki nilai terendah 44 dan nilai tertinggi 92 dengan nilai rata-rata 63,48. Berdasarkan hasil analisis peningkatan hasil belajar diperoleh peningkatan hasil belajar dengan persentase sebesar 26,58 %. Hasil ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunaan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran instalasi listrik dasar untuk siswa kelas X di SMK Tunas Harapan Pati terdapat peningkatan hasil belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa setelah dilakukan perlakuan (treatment) pembelajaran lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia; Pembelajaran; Instalasi listrik dasar
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:51
Last Modified: 11 Nov 2015 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21140

Actions (login required)

View Item View Item