PENGARUH KUALITAS POLA ASUH ORANG TUA, CARA BELAJAR DAN PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJARMATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI KELAS XI IPS DI MADRASAH ALIYAH YAYASAN PERGURUAN ISLAM KLAMBU KEC. KLAMBU KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Asti Nuris Soraya, 7101411089 (2015) PENGARUH KUALITAS POLA ASUH ORANG TUA, CARA BELAJAR DAN PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJARMATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI KELAS XI IPS DI MADRASAH ALIYAH YAYASAN PERGURUAN ISLAM KLAMBU KEC. KLAMBU KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411089-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran sering dihubungkan dengan prestasi belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, antara lain kualitas pola asuh orang tua, cara belajar dan peran kelompok teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh kualitas pola asuh orang tua, cara belajar dan peran kelompok teman sebaya terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi/akuntansi pada siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Yayasan Perguruan Islam Klambu tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Yayasan Perguruan Islam Klambu, dengan jumlah sampel 50 siswa pada kelas XI IPS. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif statistik, analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkankualitas pola asuh orang tua, cara belajar dan peran kelompok teman sebaya berpengaruh positif dan segnifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji simultan, diketahui kualitas pola asuh orang tua, cara belajar dan peran kelompok teman sebaya(65,1%). Diketahui dari data analisis menunjukkan bahwa kualitas pola asuh orang tua mempengaruhi secara parsial (9,12%), cara belajar (14,06%)dan peran kelompok teman sebaya (8,6%).Berdasarkan hasil kesimpulan, saran yang diajukan(1) orang tua diharapkan menerapkan pola asuh demokratis dalam mendidik anak-anaknya (2) siswa diharapkan mempunyai cara belajar yang efektif untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik (3) dianjurkan siswa mempunyai kelompok teman sebaya yang menunjang prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pola AsuhOrang Tua, Cara Belajar, PeranKelompok Teman Sebaya dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:55
Last Modified: 11 Nov 2015 16:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21139

Actions (login required)

View Item View Item