MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PELAJARAN MATA DIKLAT INSTALASI PENERANGAN DAN TENAGA LISTRIK DI SMK NUSANTARA I COMAL PEMALANG TAHUN 2014

Saeful Amri , 5301408047 (2015) MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PELAJARAN MATA DIKLAT INSTALASI PENERANGAN DAN TENAGA LISTRIK DI SMK NUSANTARA I COMAL PEMALANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2768Kb)

    Abstract

    Banyak hal yang menyebabkan motivasi belajar siswa kurang, yakni bisa berasal dari diri siswa sendiri ataupun dari luar pribadi siswa sendiri dan penerapan metode belajar mengajar. Siswa di SMK Nusantara 1 Pemalang pada mata diklat instalasi penerangan dan tenaga listrik terlihat kurang aktif dalam setiap kegiatan baik pada kegiatan penyampaian materi oleh guru maupun ketika kegiatan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa XI pada mata diklat Instalasi Penerangan dan Tenaga Listrik di SMK Nusantara 1 Comal Pemalang Tahun 2014. Penelitian ini bermanfaat sebagai umpan balik dalam proses pembelajaran sehingga guru dapat menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang sebanyak 76 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh. Oleh karena itu, semua anggota populasi yaitu sebanyak 76 siswa dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa dengan 6 indikator. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif terhadap indikator-indikator motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang termasuk dalam kriteria cukup baik. Tingkat motivasi ini dapat ditingkatkan menjadi motivasi tinggi dengan cara meningkatkan indikatorindikator motivasi belajar yaitu a) kuatnya kemauan untuk berbuat/belajar, b) Jumlah waktu yang disediakan untuk belajar, c) Ketekunan dalam mengerjakan tugas sekolah, d) Ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa), e) Menunjukan minat terhadap bermacam-macam hal/pelajaran, dan f) Lebih senang mengerjakan tugas/belajar mandiri. Kesimpulan penelitian ini yaitu motivasi belajar tinggi pada siswa pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa yang tinggi pula, sehingga sangat diperlukan adanya usaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara berkelanjutan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar dan Mata Diklat Instalasi Penerangan Dan Tenaga Listrik
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: risma nur unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 11:46
    Last Modified: 11 Nov 2015 11:46

    Actions (login required)

    View Item