UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BOLA VOLI PASING BAWAH DENGAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LARANGANLUWOK KECAMATAN BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014


BUNDAN ARIBOWO , 6102910172 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BOLA VOLI PASING BAWAH DENGAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LARANGANLUWOK KECAMATAN BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102910172-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah kurangnya minat dan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran bolavoli, karena siswa merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran bolavoli terutama pada pembelajaran pasing bawah. Sehingga siswa lebih memilih olahraga lain yang dianggap lebih menarik. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah apakah melalui pembelajaran bolavoli pasing bawah dengan bola gantung dapat meningkatkan motivasi pembelajaran bolavoli pada siswa kelas V SD Negeri Laranganluwok Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung ?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi pembelajaran bolavoli pasing bawah dengan bola gantung pada siswa kelas V SD Negeri Laranganluwok Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas V SD Negeri Laranganluwok dengan jumlah siswa 16 yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tes perbuatan dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bolavoli pasing bawah dengan bola gantung pada siswa kelas V SD Negeri Laranganluwok tahun 2014, pada siklus I hasil pengisian kuesioner yang dilakukan oleh guru Penjasorkes SD didapat rata-rata lebih dari angka 3 (tiga) atau masuk dalam kategori penilaian ”baik”. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan di banding pada siklus I dapat dilihat rata-rata pengisian kuisioner guru penjasorkes mengalami peningkatan yang semula rata-rata 3 menjadi 3,6 dengan kategori penilaian ”baik”. Data kuisioner siswa pada siklus I didapat presentase pilihan jawaban yang sesuai 81,6 % dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 83,98 % dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan dalam pelaksanaan pembelajaran bolavoli pasing bawah dengan bola gantung, hasil belajar siswa meningkat hal ini dibuktikan dengan naiknya hasil yang diperoleh dari setiap siklus. Saran yang disampaikan oleh penulis yaitu bagi guru Penjasorkes di SD dapat menggunakan model pembelajaran bolavoli pasing bawah dengan bola gantung ini di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pasing bawah dengan bola gantung
Subjects: UNSPECIFIED
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 17 Nov 2015 10:55
Last Modified: 17 Nov 2015 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21136

Actions (login required)

View Item View Item