PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI DASAR ELEKTRONIKA DI KELAS IX SMP NEGERI 6 PETARUKAN


Arif Purwono , 5301408069 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI DASAR ELEKTRONIKA DI KELAS IX SMP NEGERI 6 PETARUKAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5301408069-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap guru mata pelajaran harus selalu memberi tantangan dengan menyodorkan sejumlah masalah baru kepada siswa untuk menyelesaikannya, termasuk pelajaran elektronika. Salah satu model alternatif pembelajaran yang dikembangkan untuk mengoptimalkan hasil belajar adalah model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) siswa belajar dan berkreasi dengan cara mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi dasar elektronika, apakah dengan pembelajaran tersebut hasil belajar elektronika siswa bisa meningkat dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 6 Petarukan tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian adalah kelas IX C SMP Negeri 6 Petarukan. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif untuk mengetahui hasil penelitian yang telah dilakukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dasar elektronika di kelas IX C SMP Negeri 6 Petarukan. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan nilai hasil belajar siswa sebanyak 76,5%. (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dari 52,9% menjadi 85,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran – saran sebagai berikut: (1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi dasar elektronika di kelas lain, karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi lain yang mempunyai karakter yang sama dengan materi dasar elektronika. (3) Bagi penelitian selanjutnya perlu diperhatikan pengaruh aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:41
Last Modified: 11 Nov 2015 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item View Item