KESIAPAN SOFT SKILLS SISWA SMK N 5 SEMARANG UNTUK MEMASUKI DUNIA KERJA
MAD RIFAI, 5301409037 (2015) KESIAPAN SOFT SKILLS SISWA SMK N 5 SEMARANG UNTUK MEMASUKI DUNIA KERJA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (930kB) | Preview |
Abstract
Indonesia dalam menghadapi era globalisasi dituntut harus bisa meningkatkan kompetensinya dalam berbagai bidang dan sektor pembangunan, terlebih lagi dilingkup dunia pendidikan yang lulusannya harus mampu bersaing dengan bangsa lain. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sekolah yang berorientasi pada lulusan yang siap kerja, harus bisa mencetak sumber daya manusia yang unggul memiliki kemampuan hard skills sekaligus soft skills yang memadai. Melihat kenyataan bahwa pendidikan SMK saat ini masih cenderung berorientasi pada hard skills tentu saja sudah tidak relevan dengan tuntutan Dunia usaha/Dunia Industri saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan soft skills siswa SMK untuk memasuki dunia kerja, dan untuk mengetahui bentuk pengajaran soft skills secara faktual di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK N 5 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siwa kelas XII yang berjumlah 389 siswa. Pengambilan sampling menggunakan teknik stratified purposive random sampling sehingga terpilih sebanyak 132 siswa pada semua jurusan. Variabel dalam penelitian ini adalah 5 aspek soft skills yaitu komunikatif, jujur, tanggung jawab, sopan, dan disiplin. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Analisis data penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan soft skills siswa pada aspek komunikatif berada pada kategori tinggi, aspek jujur pada kategori cukup, aspek tanggung jawab pada kategori tinggi, aspek sopan pada kategori tinggi, dan aspek disiplin pada kategori tinggi. Berdasarkan penelitian, bagi siswa disarankan agar membiasakan diri untuk bersikap jujur, baik saat di sekolah maupun di luar sekolah misal dengan selalu berkata apa adanya, berani mengaku ketika melakukan kesalahan, para guru seyogyanya mengamati masing-masing siswa dan memberikan pengertian kepada siswa yang masih kurang dalam aspek kejujurannya tentang pentingnya memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, bagi SMK N 5 Semarang agar bisa meningkatkan aspek kejujuran siswa diantaranya dengan cara memasukkan unsur soft skills tersebut dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler misal OSIS dan pramuka, menjalin kerja sama dengan pihak dunia industri untuk memberikan penjelasan bagi siswa tentang dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan, Soft Skills, Siswa SMK, Dunia Kerja |
Subjects: | T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1 |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 16:37 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 16:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21134 |
Actions (login required)
View Item |