MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK di SMK DR. TJIPTO SEMARANG

Agus Lestari Widodo, 5301409042 (2015) MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK di SMK DR. TJIPTO SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (821Kb)

    Abstract

    Rendahnya kemampuan siswa dalam materi sistem pengendali elektromagnetik mengakibatkan kesulitan dalam merangkai rangkaian sistem pengendali elektromagnetik yang lain. Diperlukan model pembelajaran baru yang konkret yaitu model investigasi kelompok pada setiap pembelajaran yang diteliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik kelas XII TITL ( Teknik Instalasi Tenaga Listrik) SMK Dr. Tjipto Semarang menggunakan model investigasi kelompok? (2) bagaimanakah peningkatan hasil pembelajaran model investigasi kelompok dalam proses pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik kelas XII TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) di SMK Dr. Tjipto Semarang? Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengaruh perlakuan dianalisa dari hasil siklus I dan siklus II pada kelompok eksperimen. Penelitian dilakukan di kelas XII SMK Dr. Tjipto Semarang jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar. Model investigasi kelompok meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siklus I menggunakan model investigasi kelompok sebesar 71,40 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,80 dengan peningkatan nilai sebesar14,40 %. Rata-rata nilai yang diperoleh berkategori sangat baik, yaitu sebesar 85,80. Siswa yang memperoleh nilai berkategori sangat baik dan baik sebanyak 25 siswa dengan tingkat ketuntasan sebesar 100%. Hasil pengamatan menunjukkan siswa memperoleh kemudahan dalam materi sistem pengendali elektromagnetik dengan model investigasi kelompok. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model investigasi kelompok terbukti membuat siswa lebih mudah memahami materi sistem pengendali elektromagnetik. Penggunaan model ini juga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pengendali elektromagnetik. Penelitian lanjutan tentang penggunaan metode investigasi kelompok dalam pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik diperlukan untuk menyempurnakan proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: sistem pengendali elektromagnetik, model investigasi kelompok, hasil belajar
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: risma nur unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 11:32
    Last Modified: 11 Nov 2015 11:32

    Actions (login required)

    View Item