PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TONNIS MELALUI CIRCUIT TRAINING TONNIS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KLAMPIS 01 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN 2014


Bagus Dwija Atmajayanto , 6102410018 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TONNIS MELALUI CIRCUIT TRAINING TONNIS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KLAMPIS 01 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102410018-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah model pembelajaran tonnis yang disampaikan guru penjasorkes tidak tersentuh modifikasi, strategi pembelajaran juga kurang kreatif, sarpras kurang mendukung tanpa dengan modifikasi yang memudahkan siswa dalam pembelajaran, dan siswa menjadi kurang aktif dan antusias. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pengembangan model pembelajaran tonnis melalui circuit training tonnis pada siswa kelas VI di SD N Klampis 01 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran tonnis berupa circuit training tonnis yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas VI SD N Klampis 01 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes dalam pembelajaran penjas. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg & Gall dalam sugiyono (2010:407) yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model circuit training tonnis), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba skala besar (21 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba skala besar, (7) hasil akhir model circuit training tonnis bagi siswa kelas VI SD Negeri Klampis 01 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes yang dihasilkan melalui revisi uji coba skala besar. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 96% (sangat baik), ahli pembelajaran 92% (sangat baik), uji coba skala kecil 88,26% (baik), dan uji coba skala besar 93,03% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tonnis melalui circuit training tonnis ini dapat digunakan bagi siswa kelas VI SD N Klampis 01 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa model circuit training tonnis ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran permainan tonnis bagi siswa kelas VI SD Negeri Klampis 01 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjas di sekolah dasar untuk menggunakan produk circuit training tonnis ini sebagai alternatif pembelajaran permainan tonnis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Tonnis, Circuit Training Tonnis.V
Subjects: UNSPECIFIED
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:35
Last Modified: 11 Nov 2015 16:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21132

Actions (login required)

View Item View Item