MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KERJASAMA PADA SISWA KELAS XI MATEMATIKA DAN SAINS 2 DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN


Ardiatma Rio Respati , 1301410037 (2015) MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KERJASAMA PADA SISWA KELAS XI MATEMATIKA DAN SAINS 2 DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301410037-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA Negeri 1 Muntilan yang menunjukan bahwa pada kelas XI Matematika dan Sains 2 mempunyai kemampuan komunikasi antar pribadi yang masih rendah. Melalui Bimbingan Kelompok dengan teknik Permainan Kerjasama diharapkan rendahnya komunikasi antar pribadi siswa dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan komunikasi antar pribadi melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek Penelitian berjumlah 10 siswa terdiri dari 5 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi rendah, 3 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi sedang dan 2 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi berkategori tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Zhitung = 0 dan Ttabel = 8,0 atau berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukan komunikasi antar pribadi siswa meningkat setelah memperoleh perlakuan berupa Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama. Perbedaan tingkat komunikasi antar pribadi siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan sebesar 19%. Selain itu, siswa mengalami perkembangan perilaku yang lebih baik dilihat dari meningkatnya indikator percakapan, kerjasama, saling menghormati, keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, kesamaan, arus pesan yang cenderung dua arah, konteks hubungan tatap muka, tingkat umpan balik yang tinggi, interaksi minimal dua orang dan adanya akibat baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Simpulan dari penelitian ini adalah rendahnya komunikasi antar pribadi siswa pada kelas XI Matematika dan Sains 2 SMA Negeri 1 Muntilan meningkat setelah mendapatkan Bimbingan kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru pembimbing dapat melaksanakan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama sebagai salah satu media untuk meningkatakan kemampuan komunikasi antar pribadi khususnya untuk kelas X yang masih memerlukan adaptasi di sekolah yang baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, komunikasi antar pribadi, teknik permainan kerjasama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:39
Last Modified: 11 Nov 2015 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21131

Actions (login required)

View Item View Item