ANALISIS ALIRAN DAYA SISTEM TENAGA LISTRIK PADA BAGIAN TEXTURIZING DI PT ASIA PASIFIC FIBERS TBK KENDAL MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP POWER STATION 4.0

Adib Gustian Nigara, 5301410042 (2015) ANALISIS ALIRAN DAYA SISTEM TENAGA LISTRIK PADA BAGIAN TEXTURIZING DI PT ASIA PASIFIC FIBERS TBK KENDAL MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP POWER STATION 4.0. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1239Kb)

    Abstract

    Studi analisis aliran daya dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai aliran daya atau tegangan pada suatu jaringan sistem tenaga listrik. Manfaat dari analisis aliran daya listrik adalah untuk mengetahui kondisi keseluruhan dari suatu sistem tenaga listrik apakah masih memenuhi batas-batas yang telah ditentukan serta untuk mengetahui besar losses yang ada. Perhitungan aliran daya saat ini telah banyak menggunakan aplikasi komputer, tujuannya untuk mempermudah dan mendapatkan hasil yang lebih akurat. Dalam penelitian ini digunakan Software ETAP Power Station 4.0 yang menggunakan tiga metode perhitungan aliran daya yaitu Gauss Siedle, Newton Raphson Dan Fast Decouple. Peneliti memilih metode Newton Raphson karena dianggap efektif dan menguntungkan untuk sistem jaringan yang besar. Metode Newton Raphson dapat mengatasi kelemahan pada metode Gauss Seidel antara lain mempunyai waktu hitung dan kovergensi yang cepat atau membutuhkan jumlah iterasi yang lebih sedikit. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa kondisi kelistrikan secara keseluruhan sudah baik dan sesuai persyaratan, dengan klasifikasi total daya aktif (P) sebesar 6230 kW, daya reaktif (Q) sebesar 345 kVAR dan daya semu (S) sebesar 6240 kVA. Sementara besar rugi daya (losses) untuk daya aktif sebesar 18 kW dan untuk daya reaktif sebesar 217 kVAR. Untuk persentase nilai jatuh tegangan adalah Bus Beban 1 (0,97%), Bus Beban 2 (1,32%), Bus Beban 3 (1,66%) dan Bus Beban 4 (1,16%).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aliran Daya, rugi daya, ETAP.
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: risma nur unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 11:19
    Last Modified: 11 Nov 2015 11:19

    Actions (login required)

    View Item