IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAK BOLA SISWA KELAS VII

ARIF SATRIAWAN , 6101410078 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAK BOLA SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Sepak bola adalah salah satu pembelajaran permain bola besar di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya model pembelajaran inovatif yang menciptakan cara belajar siswa aktif sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar bermain sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Semarang Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bermain sepak bola dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Semarang Tahun 2014. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Semarang sebanyak 32 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas empat tahap, yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observasi (pengamatan) dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil pengamatan di lapangan yang diperoleh dari siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi dan instrumen evaluasi berupa tes hasil belajar bermain sepak bola meliputi psikomotor, afektif dan kognitif. Teknik analisi data yang digunakan adalah dekriptif persentase. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari tiap siklusnya yaitu, diperoleh hasil belajar bermain sepak bola pada siklus I ketuntasan klasikal sebanyak 21 siswa atau 65,62% dengan kriteria “tinggi”. Pada siklus II ketuntasan klasikal sebanyak 26 siswa atau 81,25% dengan kriteria “sangat tinggi”. Ini berarti ada kenaikan ketuntasan yaitu 5 siswa (15,63%). Berdasarkan dati hasil penelitian tersebut dapat kesimpulan bahwa hasil belajar bermain sepak bola dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dikatakan berhasil, karena hasil yang diperoleh sudah melampaui indikator ketuntasan belajar siswa yaitu 75%. Saran bagi guru penjasorkes adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar bermain sepak bola.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Bermain Sepak bola.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 11:16
    Last Modified: 11 Nov 2015 11:16

    Actions (login required)

    View Item