PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG


FEBRIYANTI GITA PRASTANTYA, 1401411546 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411546-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil refleksi yang dilakukan guru di kelas IV SDN Tambakaji 05 Kota Semarang, bahwa kualitas pembelajaran IPA masih rendah. Guru sudah menggunakan model pembelajaran, namun belum menghadirkan permasalahan nyata yang ada pada pembelajaran IPA, sehingga siswa kurang fokus untuk menyelesaikan pemecahan masalah. Hasil evaluasi pembelajaran masih dibawah KKM (62). Peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA KD 9. 1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Tambakaji 05 Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA berupa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Tambakaji 05 Kota Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, tiap siklusnya satu pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SDN Tambakaji 05 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 19 dengan kriteria cukup, pada siklus II mendapat skor 25 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus III menjadi skor 29 dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 17,28 dengan kriteria cukup, pada siklus II mendapat skor 21,5 dengan kriteria baik, meningkat menjadi 27,06 dengan kriteria sangat baik pada siklus III, (3) hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 66,67% dengan kriteria tinggi, siklus II mengalami ketuntasan klasikal sebesar 78,57%, dengan kriteria tinggi dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 88,09% dengan kriteria sangat tinggi. Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SDN Tambakaji 05 Kota Semarang. Saran yang dapat diberikan, sebaiknya dalam pembelajaran IPA guru meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat menerapkan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA; Problem Based Learning; audiovisual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:23
Last Modified: 11 Nov 2015 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21124

Actions (login required)

View Item View Item