PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN NGIJO 01 KOTA SEMARANG


SARAS YUNIAR PINASTHI, 1401411545 (2015) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN NGIJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411545-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS bertujuan untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik, berpengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya, masyarakatdan Negara.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil refleksi awal di kelas V SDN Ngijo 01. Dari hasil observasi diperoleh data yaitu 70% siswa kelas V belummemenuhi KKM (65) yang telahditentukan. Permasalahan tersebut terjadi karena guru kurang maksimal dalam melaksanakan keterampilan dasar mengajar, belum menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatif pada mata pelajaran IPS materi pahlawan kemerdekaan Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model mind mapping berbantuan audio visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Ngijo 01.Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus penelitian yang setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan pada semester genap 2014/2015.Tahapan tiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Subjek peneltian adalah guru dan siswa kelas V SDN Ngijo 01.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitiatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mencapai kategori baik dan dinyatakan tuntas.Siklus I pertemuan I keterampilan guru mencapai skor 15, meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 22, dan padasiklus IIpertemuan I memperoleh skor 25, meningkat pada klus II pertemuan II mencapai 30. Aktivitas siswa juga dapat mencapai kategori sangat baik dan dinyatakan tuntas.Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh 42,8%, meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 57,1%, dan padasiklusII pertemuan I memperoleh 78%, padasiklus II pertemuan II mencapai 86%. Simpulan penelitian ini adalah model mind mapping berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Ngijo 01. Disarankan hendaknya guru dalam mengajar menerapkan model mind mapping berbantuan media audio visual untuk meningkatkanketerampilan guru, aktivitassiswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual; IPS; Keterampilan; Mind mapping; Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:01
Last Modified: 11 Nov 2015 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item View Item