MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN TAGOL DALAM PENJASORKES KELAS VIII SMP NEGERI 1 KANDEMAN KABUPATEN BATANG TAHUN 2014


Fungki Adi Permana , 6101410069 (2015) MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN TAGOL DALAM PENJASORKES KELAS VIII SMP NEGERI 1 KANDEMAN KABUPATEN BATANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101410069-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan, yaitu suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosional. Namun dalam kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya pengembangan dalam tujuan pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah “Bagaimana Model Pembelajaran Sepak Bola melalui Permainan Tagol dalam Penjasorkes Kelas VIII SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang Tahun 2014?”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran sepak bola berupa permainan tagol yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan yang diperoleh dari siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 83,3% dengan kriteria “baik”. Oleh karena itu dapat digunakan. Data hasil pengamatan dan kuisioner siswa pada uji coba skala kecil diperoleh rata- rata dengan persentase 83,9% dengan kriteria “baik”. Data hasil pengamatan dan kuisioner siswa uji coba skala besar diperoleh rata-rata dengan persentase 88,1% dengan kriteria “baik”. Pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar terjadi peningkatan hasil pengamatan dan kuisioner siswa dengan persentase 4,2%. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan permainan tagol sesuai dengan karakteristik siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yang sangat aktif bergerak dan senang bermain sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Diharapkan bagi guru pada Sekolah Menengah Pertama dapat menggunakan model permainan tagol sehingga dapat meningkatkan kemampuan menendang dan mengontrol bola dengan baik. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran bola besar yaitu sepak bola pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan Tago
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 16:08
Last Modified: 11 Nov 2015 16:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item