PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG

Ain Na’ul Masfufah, 1401411542 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2879Kb)

    Abstract

    Hasil refleksi pembelajaran IPA di kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran belum dimulai dengan permasalahan, guru belum memotivasi siswa untuk aktif terlibat dalam pemecahan masalah yang dipilih, belum melaksanakan penyelidikan guna mendapatkan informasi, guru belum membimbing siswa menyiapkan karya yang sesuai, siswa belum mempresentasikan hasil karya, kurangnya media yang menumbuhkan minat dan motivasi siswa serta mudah diingat. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar pembelajaran IPA rendah yaitu sebanyak 19 siswa dari 29 siswa (62%) mendapatkan nilai di bawah KKM (65). Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan media audiovisual. Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model Problem Based Learning dengan media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Purwowoyo 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan/observasi, refleksi dan revisi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dengan media audiovisual dapat meningkatakan kualitas pembelajaran IPA pada siklus I ke siklus II dan siklus III. Keterampilan guru siklus I skornya 22 (baik), siklus II skornya 26,5 (baik), siklus III skornya 30,5 (sangat baik). Aktivitas siswa silkus I skornya 17,3 (baik), siklus II skornya 20,3 (baik), siklus III skornya 24,2 (baik). Iklim pembelajaran siklus I skornya 4,5 (baik), siklu II skornya 6 (baik), siklus III skornya 7 (sangat baik). Kualitas media pembelajaran siklus I skornya 18 (baik), siklus II skornya 20,5 (baik), siklus III skornya 23,5 (sangat baik). Hasil belajar sikap spiritual siklus I skornya 5,2 (baik), siklus II skornya 5,74 (baik), siklus III skornya 6,28 (baik), sikap sosial siklus I skornya 8,2 (baik), siklus II skornya 10,1 (baik), siklus III skornya 10,6 (baik), pengetahuan siklus I memperoleh ketuntasan belajar 62%, siklus II 72%, siklus III 83%, keterampilan siklus I skornya 8,2 (baik), siklus II skornya 9,6 (baik), siklus III skornya 10,4 (baik). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Problem Based Learning dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: IPA , Problem Based Learning, audiovisual
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 10:53
    Last Modified: 11 Nov 2015 10:53

    Actions (login required)

    View Item