KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN


Novita Yuliastuti, 1401411541 (2015) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411541-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan pada tingkat pendidikan dasar dan menangah. Mapel PKn memiliki tujuan selain hafal, siswa juga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan seharihari. Namun, pada kenyataannya pembelajaran mapel PKn yang dilakukan masih didominasi oleh guru. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran. Model ini membangun pembelajaran dari pemahaman siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan menguji adakah perbedaan dan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian mengunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 01 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 48 siswa. Terdiri dari 24 siswa kelas IV A dan 24 siswa kelas IV B. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu 24 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen, dan 24 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Analisis data bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang menggunakan model konvensional, serta untuk mengetahui keefektifitan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitianan yang telah dilakukan, nilai observasi terhadap model untuk guru sebesar 79,167% dengan kriteria sangat tinggi, dan untuk siswa sebesar 72,983% dengan kriteria tinggi, sehingga dapat dikatakan pernerapan model sudah baik. Selanjutnya hasil uji hipotesis untuk variabel aktivitas belajar siswa diperoleh nilai signifikansi < 0,05 (0 < 0,05), sedangkan untuk variabel hasil belajar t hitung > ttabel (2,219 > 2,013). Selanjutnya uji pihak kanan untuk variabel aktivitas belajar siswa t hitung > ttabel (6,612363 > 2,069), untuk variabel hasil belajar t hitung > ttabel (2,219379 > 2,013). Dari hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Serta penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dari pada menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas dan hasil belajar siswa; model pembelajaran kooperatif tipe NHT; pembelajaran PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:30
Last Modified: 11 Nov 2015 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item View Item