PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI AP SMK YPE SAMPANG, CILACAP TAHUN AJARAN 2014/2015

Ajeng Pudak Pinasti, 1301410003 (2015) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI AP SMK YPE SAMPANG, CILACAP TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2351Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada kelas XI AP SMK YPE Sampang, Cilacap yaitu kurangnya keefektifan belajar siswa yang ditandai dengan siswa tidak terbiasa membaca buku-buku pelajaran. Siswa belajar tidak teratur waktunya dan cenderung memilih belajar setiap akan menghadapi tes/ujian, akibatnya siswa merasa tidak siap jika guru mengadakan tes sewaktuwaktu. Beberapa siswa mengaku tidak cocok dengan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Peningkatan keefektifan belajar bagi siswa diperlukan untuk dapat berkembang dan mampu mencapai hasil belajar yang maksimal sehingga dapat mencapai prestasi yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keefektifan belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI AP SMK YPE Sampang, Cilacap. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis sebanyak 59 item dan soal tes sebanyak 40 soal. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping mengalami peningkatan rata-rata sebesar 7%. Teknik mind mapping bisadigunakan untuk mempermudah siswa memahami dan mengingat materi pelajaran dengan lebih cepat dan sederhana sekaligus mengasah kreativitas dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis t-test dengan menggunakan taraf signifikan 5%, hasil analisis uji beda diperoleh thitung = 5,45 dan ttabel = 2,021, jadi thitung > ttabel sehingga dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping terdapat peningkatan keefektifan belajar pada siswa kelas XI AP SMK YPE Sampang, Cilacap. Saran yang dapat diberikan hendaknya konselor dan guru mata pelajaran untuk bisa mensosialisasikan keterampilan memberikan layanan penguasaan konten untuk para siswa, khususnya dengan teknik mind mapping.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keefektifan belajar, layanan penguasaan konten, mind mapping
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 10:21
    Last Modified: 11 Nov 2015 10:21

    Actions (login required)

    View Item