KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALKWRITE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONCEPT PESERTA DIDIK


Gyna Fitriana Wulandari , 4101408065 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALKWRITE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONCEPT PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101408065-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu latar belakang dari penelitian ini adalah self concept peserta didik yang negatif terhadap pelajaran matematika. Selain itu peserta didik masih mengalami kesulitan dalam merepresentasikan permasalahan terlebih pada materi dimensi tiga. Materi dimensi tiga membutuhkan kemampuan representasi matematis yang baik dan self concept yang positif dari peserta didik, sedangkan pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan model pembelajaran ekspositori yang berpusat pada guru. Sehingga perlu adanya model pembelajaran alternatif yang bisa menunjang pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah rata-rata nilai kemampuan representasi matematis peserta didik yang memperoleh materi dengan model pembelajaran Think Talk Write memenuhi KKM dan persentase ketuntasan belajar klasikal; (2) apakah kemampuan representasi matematis peserta didik dengan pembelajaran matematika menggunakan model Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model ekspositori; (3) apakah self concept peserta didik dengan model Think Talk Write lebih baik dari peserta didik dengan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 235 peserta didik. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel yaitu peserta didik kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write dan variabel terikat yaitu kemampuan representasi matematis dan self concept. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) ujit; (2) uji proporsi; dan (3) uji perbedaan rat-rata. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada uji-t nilai dan pada uji proporsi nilai ; (2) pada uji perbedaan rata-rata kemampuan representasi matematis diperoleh nilai dan (3) pada uji perbedaan rata-rata self concept diperoleh nilai Simpulan yang diperoleh: (1) rata-rata nilai kemampuan representasi matematis peserta didik yang memperoleh materi dengan model pembelajaran Think Talk Write memenuhi KKM dan persentase ketuntasan belajar klasikal; (2) kemampuan representasi matematis peserta didik dengan pembelajaran matematika menggunakan model Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model ekspositori; (3) self concept peserta didik dengan model Think Talk Write lebih baik dari peserta didik dengan model ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Representasi Matematis, Self Concept.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:09
Last Modified: 11 Nov 2015 15:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21111

Actions (login required)

View Item View Item