PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ENERGI MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)DI SD NEGERI KERTAHARJA 01 KABUPATEN TEGAL


Etika Rahmawati, 1401411538 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ENERGI MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)DI SD NEGERI KERTAHARJA 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411538-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar materi energi siswa kelas 3 SD Negeri Kertaharja 01 Kabupaten Tegal masih rendah dimana nilai rata-rata kelas masih di bawah KKM dan angka ketuntasan belum mencapai 75% ketuntasan klasikal. . Untuk memecahkan masalah tersebut, tindakan yang dilakukan peneliti adalah dengan menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran IPA materi energi pada siswa kelas 3 SD Negeri Kertaharja 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap pertemuan dilaksanakan tahap-tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan jenis data dan kuantitatif, sedangkan pengumpulan data hasil penelitian mengunakan teknik tes dan non tes. Data tes merupakan hasil tes formatif pada setiap akhir siklus. Data non tes merupakan data hasil observasi aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I perolehan peformansi guru pada sebesar 80,94 dan pada siklus II meningkat 6,49 menjadi 87,43. Sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 71,93 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 79,86. Lalu hasil tes formatif siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 75,79 dengan ketuntasan klasikal 76,32% kemudian meningkat dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 83,29 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,11% pada siklus II. Penerapan model TAI terbukti efektif meningkatkan aktivitas, hasil belajar siswa serta performansi guru SD Negeri Kertaharja 01 Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; hasil belajar; Team Assisted Individualization
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:23
Last Modified: 11 Nov 2015 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21110

Actions (login required)

View Item View Item