MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VB SD Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Fitri Erika, 1301409001 (2015) MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VB SD Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301409001-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang yang menunjukkan tingkat kesiapan belajar siswa yang sedang, dengan indikator kondisi fisik, kondisi mental, kondisi psikologis, kondisi emosional, kebutuhan, dan pengetahuan. Rumusan masalah yaitu apakah kesiapan belajar siswa kelas VB dapat ditingkatkan melaui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kesiapan belajar siswa kelas VB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang kesiapan belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah 40 siswa kelas VB dan sebagai sampelnya adalah 10 siswa kelas VB dari kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Teknik sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala kesiapan belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kesiapan belajar siswa kelas VB SD Hj. Isriati baiturrahman 1 Semarang. Tingkat kesiapan belajar siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada pada kriteria sedang (57,1%),dan setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing masuk dalam kategori tinggi (75,8%). Hasil uji wilcoxon, menunjukkan bahwa nilai thitung=55 dan ttabel=8, jadi nilai thitung > tttabel. Dengan demikian, kesiapan belajar siswa dapat diitingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Simpulan dari penelitian ini adalah kesiapan belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Saran bagi Guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya penelitian ini dapat menjadi referensi dalam meningkatkan kesiapan belajar. Bagi Kepala Sekolah, agar memberikan fasilitas dan mendukung pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing begitu pula layanan bimbingan dan konseling yang lain. Bagi peneliti lain, agar dapat dijadikan acuan penelitian pendahulu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesiapan belajar; layanan bimbingan kelompok; teknik role playing.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:03
Last Modified: 11 Nov 2015 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21109

Actions (login required)

View Item View Item