EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN


Dwi Rachmawati , 4001411052 (2015) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411052-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Karakteristik yang harus dimiliki manusia abad 21 berdasarkan “21st Century Partnership Learning Framework” salah satunya adalah berpikir kritis. Kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah yaitu >50% dibuktikan dengan hasil analisis soal berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Penelitian ini diterapkan pada tema Bunyi dan Pendengaran. Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dapat ditumbuhkembangkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan alat peraga tiga dimensi yaitu gitar dan recorder soprano. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model PBL berbantuan alat peraga tiga dimensi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini yaitu quasi eksperiment design dengan bentuk pretest and posttest group design. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas VIII A dan VIII B, SMP Negeri 3 Ungaran sebagai kelas eksperimen yang didapatkan dengan teknik Purposive Sampling. Data yang dikumpulkan nanti adalah nilai pretest, posttest, afektif dan psikomotor serta data tanggapan siswa terhadap model PBL. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa setelah diuji N-gain menunjukkan bahwa kelas VIII A memperoleh 1,01 dengan kriteria tinggi dan kelas VIII B 0,55 dengan kriteria sedang. Uji hipotesis kedua kelas memperoleh zhitung=5,01 lebih besar dari ztabel=1,96 menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan. Hasil belajar kognitif setelah diuji N-gain menunjukkan bahwa kelas VIII A memperoleh 0,67 dan kelas VIII B 0,47 yang keduanya berkriteria sedang dengan uji hipotesis yang signifikan. Hasil belajar afektif dan psikomotor dilihat dari setiap pertemuan juga mengalami peningkatan. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa model PBL berbantuan alat peraga tiga dimensi efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada tema bunyi dan pendengaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Alat Peraga Tiga Dimensi, Berpikir Kritis, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:01
Last Modified: 11 Nov 2015 15:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21108

Actions (login required)

View Item View Item