PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG


EVANA RIZQOH, 1401411536 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411536-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada refleksi awal pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas VA menunjukkan beberapa permasalahan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, diantaranya faktor guru, siswa, dan fasilitas belajar. Solusi permasalahan ini adalah dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Think Pair Share dengan media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Think Pair Share dengan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Sampangan 02 Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas VA SDN Sampangan 02 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas VA SDN Sampangan 02 Semarang. Variabel penelitian adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa evaluasi dan nontes berupa observasi. Kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata skor total 25 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata skor total 31 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor total 21.5 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata skor total 27,5 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 61,25 % dan pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 85%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Think Pair Share denga Media Video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas VA SDN Sampangan 02 Semarang. Saran bagi guru dalam menerapkan Model Think Pair Share dengan Media Video adalah mempersiapkan tayangan video agar menarik minat siswa serta memperhatikan pengkondisian kelas saat presentasi, selain itu dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Think Pair Share, Video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:00
Last Modified: 11 Nov 2015 15:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item View Item