PENGARUH INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN BUTUH PURWOREJO


Wahyu Dwi Prastuti, 1401411535 (2015) PENGARUH INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN BUTUH PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411535-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Orang tua yang penuh perhatian tidak akan membiarkan anak untuk mengerjakan sesuatu sendiri, melainkan orang tua harus menemani dan memberi bimbingan sampai anak mencapai usia yang cukup untuk bertanggung jawab dalam kegiatan belajarnya. Menurut beberapa guru kelas V Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo masih di jumpai beberapa siswa yang kurang bertanggung jawab dalam kegiatan belajar. Berdasarkan permasalahan yang terjadi peneliti bermaksud melakukan penelitian tentang pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif. Variabel dalam penelitian ini yaitu intensitas perhatian orang tua dan tanggung jawab belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 119 siswa. Sampel penelitian sebanyak 89 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan cara uji One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji liniearitas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil R sebesar 0,500 dan koefisien determinan (R 2 ) 25% nilai probabilitas 0,000 ≤ 0,05 (Sig.). Hal ini menunjukkan bahwa 25% tanggung jawab belajar siswa dipengaruhi oleh intensitas perhatian orang tua, sedangkan 75% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi orang tua selaku pendidik pertama dan utama bagi anak dalam keluarga, orang tua hendaknya selalu berusaha memperhatikan anak baik dalam segi jasmani dan rohani sehingga anak akan termotivasi untuk lebih maju dan selalu bertanggung jawab atas belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensitas perhatian orang tua; Tanggung jawab belajar siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:54
Last Modified: 11 Nov 2015 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21104

Actions (login required)

View Item View Item