PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN BENDA


Dita Puji Rahayu , 4001411051 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN BENDA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411051-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan IPA di tanah air saat ini sedang mengalami perubahan paradigma. Menurut Permendikbud nomor 68 tahun 2013, salah satu pola pembelajaran IPA adalah pembelajaran aktif pada peserta didik. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Boja sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari perubahan benda. Rata-rata dari 7 kelas peserta didik kelas VII tahun ajaran 2013/2014 hanya 59. Pelaksanaan KBM di SMP tersebut dengan cara guru memberikan konsep secara langsung tanpa mengajak peserta didik untuk bersama-sama menemukan konsep. Perubahan benda mempelajari tentang perubahan-perubahan pada benda yang terjadi di alam secara fisika maupun kimia. Materi ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Sehingga peserta didik bisa menemukan konsep sendiri melalui pembelajaran yang berbasis penemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran POGIL dan besarnya kontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan benda. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design dengan desain non equivalent control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Boja. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dihasilkan peserta didik kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Data penelitian adalah hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil wawancara dengan guru IPA. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 75,25. Hasil analisis korelasi biserial 0,55 dan koefisien determinasi 30%. Berdasarkan hasil wawancara, guru memberikan kesan positif terhadap pelaksanaan pembelajaran. Jadi, hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh model POGIL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan benda dengan besarnya kontribusi pengaruh sebesar 30%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model POGIL, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:54
Last Modified: 11 Nov 2015 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21103

Actions (login required)

View Item View Item