PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII.D SMP NEGERI 41 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Hari Suwignyo, 1301408010 (2015) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII.D SMP NEGERI 41 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301408010-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena pada kelas VIII.D SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang yaitu siswa yang masih banyak memiliki kedisiplinan belajar yang rendah dalam proses kegiatan belajar. Siswa terlambat masuk kelas, banyaknya siswa yang tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya, siswa membolos pada jam pelajaran kosong, dan juga seringnya para siswa yang terlibat tawuran antar pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII.D SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII.D SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dengan instrumen skala kedisiplinan belajar sebanyak 50 item. Instrumen tersebut setelah diujicobakan terdapat 40 item soal yang valid. Metode analisis data menggunakan deskriptif presentase dan uji sign test wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa sebelum memperoleh perlakuan berupa bimbingan kelompok, diperoleh kriteria sedang (65,6%). Setelah mendapatkan bimbingan kelompok, kriteria meningkat menjadi tinggi (76,1%) dengan demikian, terjadi peningkatan sebesar 10,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis uji wilcoxon diperoleh jumlah jenjang = 55 dan t tabel = 8 sehingga jumlah jenjang > t tabel. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian koefisien thitung > t tabel, maka hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas VIII.D SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2014/2015” diterima pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas VIII.D SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya guru pembimbing lebih mengembangkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan kelompok, kedisiplinan belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:57
Last Modified: 11 Nov 2015 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21102

Actions (login required)

View Item View Item