PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENYAMPAIKAN TANGGAPAN MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN TUGUREJO 03 SEMARANG


BAGUS AJI SANTOSO, 1401411533 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENYAMPAIKAN TANGGAPAN MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN TUGUREJO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411533-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan refleksi pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Tugurejo 03 Semarang aspek keterampilan berbicara diperoleh data sebanyak 10 siswa (32,26%) dari 31 siswa memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 60. Sedangkan 21 siswa (67,74%) memperoleh nilai dibawah KKM. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara menyampaikan tanggapan siswa digunakan model Talking Stick berbantuan media gambar dengan rumusan masalah “Bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan berbicara menyampaikan tanggapan pada siswa kelas III SDN Tugurejo 03 Semarang?”. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan berbicara menyampaikan tanggapan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus satu kali pertemuan, setiap pertemuan alokasi waktu 2x35 menit. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 siswa kelas III SDN Tugurejo 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keterampilan guru pada siklus I adalah 24 dengan kriteria baik, siklus II meningkat menjadi 29 dengan kriteria baik, dan siklus III meningkat dengan memperoleh skor 35 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,98 dengan kriteria baik, siklus II meningkat menjadi 20,58 dengan kriteria sangat baik, dan siklus III meningkat dengan memperoleh skor 22,01 kriteria sangat baik. Hasil berbicara siswa pada siklus I mengalami ketuntasan sebesar 66,67% dengan rata-rata 62, siklus II meningkat menjadi 83% dengan rata-rata 69,46, dan siklus III meningkat menjadi 96,66% dengan rata-rata 74,4. Simpulan dari penelitian ini adalah model Talking Stick berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara menyampaikan tanggapan siswa kelas III SDN Tugurejo 03 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model Talking Stick berbantuan media gambar sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, Talking Stick, media gambar, siswa kelas 3
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:50
Last Modified: 11 Nov 2015 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21101

Actions (login required)

View Item View Item