PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, MOTIVASI KERJA, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN DI KABUPATEN SEMARANG


Laeli Mafudah, 7101411082 (2015) PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, MOTIVASI KERJA, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411082-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 menjelaskan bahwa ada empat kompetensi sebagai guru profesional yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Keempat kompetensi ini merujuk pada kinerja guru. Kondisi di lapangan tentang kinerja guru di Kabupaten Semarang menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dalam pencapaian kinerja guru yang maksimal khususnya guru mata pelajaran produktif di SMK Bisnis dan Manajemen. guru mengajar secara monoton,tanpa persiapandan kurang memperhatikan pergantiankurikulum. Guru tidak membuat RPPsebelum mengajarkarena merasa RPP hanya untuk memenuhi tugas administrasi. Guru kurang konsisten dalam implementasi skenario RPP yang telah dipersiapkanterutama dalam hal langkah-langkah pelaksanaan dan metode pembelajaran. Kurikulum yang diterapkan oleh sekolah belum sepenuhnya dipahami oleh sebagian guru, keberangkatan dan kepulangan guru tidak sesuai dengan jam yang telah dijadwalkanbahkan terkadang guru mengabaikan tugas dan tanggung jawabnya untuk mengajar karena mementingkan kepentingan pribadi.Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran produktif Akuntansi, Administrasi Perkantoran dan Manajemen SMKdi Kabupaten Semarang yang berjumlah 30guru.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kurikulum, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK sebesar 82,7%. Pengaruh secara parsial juga didapatkan pada variabel independen terhadap variabel dependen. Pemahaman kurikulum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK sebesar 18,84%. Motivasi kerjaberpengaruh positif dan signifikan terhadapkinerja guru SMK sebesar 20,43%, serta kepemimpinan kepala sekolahberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMKsebesar 21,62%.Saran yang dapat diberikan adalah para guru hendaknya lebih meningkatkan pemahaman kurikulum dan motivasi kerja supaya kinerjanya semakin baik. Bagi kepala sekolah hendaknya dapat memberi teladan bagi para guru. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:50
Last Modified: 11 Nov 2015 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21100

Actions (login required)

View Item View Item