Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Tunarungu (Penelitian Pada Siswa SLB-B YPPALB Kota Magelang)


Ratna Tri Utami, 1550404051 (2009) Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Tunarungu (Penelitian Pada Siswa SLB-B YPPALB Kota Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Tunarungu (Penelitian Pada Siswa SLB-B YPPALB Kota Magelang)]
Preview
PDF (Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Tunarungu (Penelitian Pada Siswa SLB-B YPPALB Kota Magelang)) - Published Version
Download (535kB) | Preview

Abstract

sendiri, mampu untuk berfikir positif sehingga menjadi lebih kuat untuk melakukan usaha, yakin atas kemampuan dan kesuksesannya sendiri tanpa tergantung dengan orang lain sehingga akan merasa tenang dalam melakukan tindakan, dapat dengan bebas melakukan hal-hal yang disukai dan berani bertanggung jawab atas resiko dari perbuatannya serta dapat menghargai orang lain. Salah satu faktor yang dinilai mempengaruhi tingkat kepercayaan diri adalah dukungan sosial, karena dukungan sosial dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada individu karena individu merasa disayangi, diperhatikan dan dihargai oleh orang lain sehingga individu merasa dirinya berharga. Dukungan sosial adalah bantuan atau dukungan yang bermanfaat bagi individu yang berada di lingkungan sosial tertentu sehingga individu merasa diperhatikan, dihargai, dicintai, disayangi serta merasa hidup bahagia dan sejahtera selain itu mereka juga merasakan adanya keakraban sosial, manfaat emosional serta adanya efek perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kepercayaan diri pada remaja tunarungu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja remaja tunarungu yang duduk di tingkat SMPLB dan SMALB kelas 1, 2, 3 yang ada di SLB-B YPPALB Kota Magelang. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel total sampling, hal ini dikarenakan jumlah anggota populasi kurang dari 100. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi yang berupa skala dukungan sosial dan kepercayaan diri yang terdiri atas 79 item. Uji. Uji validitas menggunakan rumus product moment dengan tingkat validitas paling tinggi 0,000 dan validitas paling rendah 0,05. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha dengan rentang 0 sampai dengan 1. Hasil penelitian dihitung dengan komputer program SPSS versi 12.0 menggunakan teknik korelasi spearman rank. Menghasilkan korelasi sebesar 0.660 dengan p < 0.05 yang berarti ada hubungan yang positif antara dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri pada remaja tunarungu. Sebagian besar remaja tunarungu memiliki tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi yaitu sebanyak 10 orang atau sebesar 41.67 % dan dukungan sosial orang tua pada taraf yang tinggi yaitu sebanyak 10 orang atau sebesar 41.67 %. Saran yang dianjurkan bahwa orang tua perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan anak serta lebih meningkatkan dukungan pada anak dengan cara melakukan komunikasi dua arah yang efektif dan bersikap terbuka terhadap setiap permasalahan yang sedang dihadapi anak, memberikan dorongan dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan-kegiatan yang positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, kepercayaan diri, remaja tunarungu.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Mar 2011 07:58
Last Modified: 25 Apr 2015 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item