PENGARUH PERSEPSI TENTANG PRAKTIK KERJA LAPANGAN, INFORMASI DUNIA KERJA DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK BHAKTI PERSADA KENDAL


Yuyun Kusnaeni, 7101411078 (2015) PENGARUH PERSEPSI TENTANG PRAKTIK KERJA LAPANGAN, INFORMASI DUNIA KERJA DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK BHAKTI PERSADA KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411078-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja merupakan kemampuan yang cukup baik fisik maupun mental. Kesiapan fisik berarti tenaga yang cukup dan kesehatan yang baik, sedangkan kesiapan mental berarti memiliki minat dan motivasi yang cukup untuk melakukan suatu pekerjaan. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang praktik kerja lapangan, informasi dunia kerja dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK Bhakti Persada Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Bhakti Persada Kendal yang berjumlah 202 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 134 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentasedan analisis regresi berganda denganmenggunakan SPSS for Windows versi 16. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada pengaruh positif praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa0.000<0.05, ada pengaruh informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa 0,013<0,05, ada pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa 0,000<0,05 sehingga Ha1, Ha2 dan Ha3 diterima.Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial praktik kerja lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya siswa terus mengasah kemampuan dan keterampilan dibidang keahlian masing-masing dan mengembangkan rasa tanggungjawab kerja siswa, pihak guru dalam memberikan informasi dunia kerja hendaknya tidak hanya dari mitra kerja sekolah saja melainkan dari berbagai sumber informasi lain agar pengetahuan kerja siswa lebih luas. Pihak sekolah menyediakan fasilitas yang memadaiuntuk memotivasi kerja siswa lebih kreatif dan inofatifagar siswa lebih siap untuk bekerja setelah lulus dari sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Lapangan, Informasi Dunia Kerja, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:46
Last Modified: 11 Nov 2015 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item View Item