IMPLEMENTASI QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING WORKSHEET UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Nyna Adhitama , 4001411050 (2015) IMPLEMENTASI QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING WORKSHEET UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411050-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan pada peserta didik kelas VII D di MTs Negeri Gembong, pembelajaran yang terjadi belum terlaksana secara maksimal. Proses pembelajaran masih kurang optimal dalam penggunaan model pembelajaran, sehingga partisipasi peserta didik masih perlu ditingkatkan. Peserta didik seharusnya tidak hanya mencatat dan mendengarkan melainkan harus responsif dalam pembelajaran. Pengelolaan kegiatan presentasi dalam penilaian terhadap kemampuan komunikasi peserta didik secara konvensional, masih belum dapat mengukur keterampilan individual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Learning berbantuan mind mapping worksheet, untuk mengukur kemampuan komunikasi serta hasil belajar peserta didik. Quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design menjadi desain penelitian ini. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data kemampuan komunikasi peserta didik diperoleh menggunakan metode observasi, sedangkan hasil belajar diperoleh menggunakan metode tes. Hasilnya adalah pada hasil belajar dan tingkat kemampuan komunikasi kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang ditegaskan melalui nilai n-gain dan uji t. Hasil analisis n-gain menunjukkan bahwa Quantum Learning berbantuan mind mapping worksheet kelas eksperimen mendapatkan 0,70 dengan kriteria sedang sedangkan pada kelas kontrol memperoleh 0,57 dengan kriteria sedang. Quantum learning berbantuan mind mapping worksheet memberikan pengaruh sebesar 92,8% terhadap tingkat kemampuan komunikasi di kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: quantum learning, mind mapping, kemampuan komunikasi, hasil belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:48
Last Modified: 11 Nov 2015 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21098

Actions (login required)

View Item View Item