PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG


IRFIANA LIDYAWATI, 1401411529 (2015) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411529-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang maksimalnya pembelajaran IPA di kelas V SDN Purwoyoso 01. Hal ini karena guru kurang memberikan motivasi kepada siswa, guru kurang kreatif dalam menerapkan model dan media pembelajaran, dan guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil belajar pra siklus menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa baru mencapai 35,29%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Numbered Heads Together berbantuan media visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Numbered Heads Together berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang dengan jumlah siswa sebanyak 21 terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) keterampilan guru siklus I mendapat skor 23 kategori baik, pada siklus II meningkat dengan skor 32 kategori sangat baik, dan siklus III meningkat dengan skor 35 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 21 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor 26,85 kategori sangat baik, dan siklus III meningkat dengan skor 28,79 kategori sangat baik. (3) Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 51,51%, pada siklus II 75,76%, dan siklus III 84,85%. Simpulan dari penelitian ini bahwa model Numbered Heads Together berbantuan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: visual; kualitas pembelajaran IPA; Numbered Heads Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:46
Last Modified: 11 Nov 2015 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item View Item