PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULLEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH PADA TEMA KALOR DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Muhammad Aziz Rizqi Pratama , 4001411047 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULLEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH PADA TEMA KALOR DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411047-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Bawen Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik hasil belajar siswa, pengaruh model pembelajaran joyful learning berbantuan media flash pada tema kalor dan perpindahannya terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui tanggapan siswa tentang model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dengan metode tes yaitu preetest dan posttest, lembar observasi (afektif, psikomotorik), dan metode angket (tanggapan siswa tentang model). Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil belajar kognitif (posttest) kelas eksperimen (87,2) lebih tinggi dari kelas kontrol (76,5). Uji-t data kemampuan kognitif diperoleh thitung sebesar 7,33 karena thitung>ttabel berarti kemampuan kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rerata hasil belajar afektif kelas eksperimen (84,0) lebih tinggi dari kelas kontrol (77,7). Uji-t data kemampuan afektif diperoleh thitung sebesar 6,62 karena thitung>ttabel berarti kemampuan afektif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rerata hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen (89,4) lebih tinggi dari kelas kontrol (87,2). Uji-t data kemampuan psikomotorik diperoleh thitung sebesar 2,05 karena t hitung>ttabel berarti kemampuan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen (85,29%) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (42,85%). Pengaruh model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada tema kalor dan perpindahannya dengan kontribusi masing-masing sebesar 58%; 64%; dan 7,3%. Hasil rata-rata nilai tanggapan siswa diperoleh kategori sangat efektif sebesar 86,54 sedangkan untuk persentase tanggapan siswa dengan kategori sangat efektif sebesar 67,64%, dan yang memberi tanggapan dengan kategori efektif sebesar 32,35%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: oyful learning, media flash, hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:42
Last Modified: 11 Nov 2015 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21095

Actions (login required)

View Item View Item