PENGARUH IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN I DAN II KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN


Siwi Sucianti, 1401411527 (2015) PENGARUH IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN I DAN II KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411527-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Iklim organisasi sekolah sebagai seperangkat sifat lingkungan sekolah yang dirasakan guru, akan mempengaruhi motivasi dan perilakunya. Hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar Negeri Dabin I dan II Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen mengindikasikan bahwa masih ada beberapa guru kurang memiliki motivasi kerja yang tinggi. Motivasi kerja guru ialah pendorong semangat guru dalam bekerja untuk memperoleh prestasi yang lebih baik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Dabin I dan II Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasinya yaitu guru Sekolah Dasar Negeri Dabin I dan II Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen yang berjumlah 148 orang. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 108 guru yang ditentukan dengan rumus slovin pada taraf kesalahan 5%. Variabel bebasnya yaitu iklim organisasi sekolah dan variabel terikatnya yaitu motivasi kerja guru. Teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Uji prasyarat penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas yang dipenuhi untuk melakukan analisis regresi linier sederhana berbantu program SPSS versi 20. Iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Dabin I dan II Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen tergolong sangat kuat dengan persentase sebesar 83,42% dan 82,91%. Dari Output Regression, diketahui signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), maka disimpulkan bahwa ada pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Dabin I dan II Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Persamaan regresi sederhananya: Y = 39,593 + 0,580X. Jika iklim organisasi sekolah nilainya 0, maka motivasi kerja guru nilainya 39,593. Setiap peningkatan iklim organisasi sekolah sebesar 1%, maka motivasi kerja guru meningkat sebesar 58%. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,311. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 31,1%, sedangkan sisanya sebesar 68,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Saran yang diberikan antara lain guru hendaknya berusaha untuk meningkatkan motivasi kerjanya dan pihak sekolah memfasilitasinya dengan menciptakan iklim organisasi sekolah kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklim Organisasi Sekolah; Motivasi Kerja Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:41
Last Modified: 11 Nov 2015 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21094

Actions (login required)

View Item View Item