MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C “HARAPAN BANGSA” DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Dewi Ratna Ciptasari , 1201411079 (2015) MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C “HARAPAN BANGSA” DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201411079-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan keterbatasan dan ketidakmampuan membiayai sekolah menyebabkan masyarakat tidak melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi sehingga mengalami putus sekolah. Masyarakat yang putus sekolah maupun bekerja diharapkan agar mereka manyiapkan masa depannya dengan ketrampilan yang telah mereka dapat. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan yang memberikan layanan bagi masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen program pendidikan kesetaraan kejar paket C. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan program paket C, 2) pengorganisasian program paket C, 3) pelaksanaan program paket C, 4) pengawasan program paket C dan, 5) evaluasi program paket C. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari Kepala SKB, 2 tutor, 1 staf tata usaha dan 3 warga belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) perencanaan program kejar paket C menggunakan prosedur identifikasi, perumusan tujuan, perekrutan tutor dan WB, penentuan materi dan media, 2) pengorganisasian program paket C dilakukan dengan pembagian tugas dan tanggungjawab secara proporsional pada masing-masing organisasi pelaksana yang ada di SKB, 3) pelaksanaan program seminggu 3 kali, yang pembelajarannya umumnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan praktek. 4) pengawasan kegiatan program paket C dilakukan secara internal dan eksternal, 5) evaluasi program paket C dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif dan sumatif. Saran-saran yang disampaikan yaitu: 1) pada perencanaan program paket C waktu disesuaikan dengan beban materi belajar warga belajar, 2) Pengorganiasasian, penyelenggara seharusnya terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar, 3) pelaksanaan program, diharapkan tutor mampu meningkatkan kualitas pembelajaran 4) pengawasan internal dilakukan secara lebih intensif dan rutin, pengawasan eksternal hendaknya dibuat jadwal rutin tiap tahun pada bulan apa, 5) evaluasi/penilaian hasil belajar tidak hanya dilakukan pada aspek pengetahuan saja, tetapi perlu adanya penilaian pada aspek perilaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program, Kejar Paket C.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:42
Last Modified: 11 Nov 2015 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21093

Actions (login required)

View Item View Item