PENGARUH PRESTASI AKADEMIK MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XIISMK NEGERI 1 KEBUMEN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2014/2015


Ulinnajah Sofia Handayani, 7101411067 (2015) PENGARUH PRESTASI AKADEMIK MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XIISMK NEGERI 1 KEBUMEN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411067-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang diselenggarakan dalam rangkamempersiapkan calon tenaga kerja untuk bekerja dalam bidang tertentu. Data SMK N 1 Kebumen menunjukkan adanya peningkatan lulusan SMK yang belum mendapatkan pekerjaan dari tahun 2013 ke 2014 sebesar 4%.Hal ini bisajadi karena siswa belum memiliki kesiapan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, praktik kerja industri, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kebumen program keahlian akuntansi.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015. Jumlah sampel sebanyak 92 siswa yang diambil menggunakan rumus Isaac dan Michael. Pengambilan sampel tiap kelas menggunakan Proportional Random Sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket dan dokumentasi.Data variabel dianalisis dengan statistikdeskriptif dan analisisregresi berganda.Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kesiapan kerja siswa dalam kategori siap, prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi dalam kategori baik, praktik kerja industri dalam kategori baik, dan lingkungan keluarga dalam kategori mendukung. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, praktik kerja industri dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Kebumen sebesar 34,3%. Pada prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 6,16%. Praktik kerja industri berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 25,4%. Sedangkan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 9,86%.Disimpulkan bahwa prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, praktik kerja industri, dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap kesiapan kerja siswa SMK N 1 Kebumen. Saran yang dapat diberikan adalah pihak sekolah lebih memaksimalkan proses evaluasi kegiatan praktik kerja industri, dan siswa juga diharapkan aktif melakukan evaluasi mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Akademik, Praktik Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Kesiapan Kerja.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:38
Last Modified: 11 Nov 2015 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item