PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL VISUAL AUDITORY KINESTHETIC BERBANTU MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IVB SDN PETOMPON 02 SEMARANG


OKY KURNIANINGTYAS KINASIH, 1401411519 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL VISUAL AUDITORY KINESTHETIC BERBANTU MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IVB SDN PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411519-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

PKn bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, kreatif menanggapi isu kewarganegaraan. Berdasarkan hasil observasi di kelas IVB SDN Petompon 02 Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) diantaranya gurubelum menggunakan media inovatif yang menarik minat siswa, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah dan hasil belajar dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model Visual Auditory Kinesthetic (VAK) berbantu media PowerPoint. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model VAK berbantu media PowerPoint. Penelitian berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan 31 siswa kelas IVB SDN Petompon 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes pada akhir pertemuan. Dari hasil penelitian dapat diketahui: 1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor17 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 23 dengan kriteria baik, dan pada siklus III memperoleh skor 31 dengan kriteria sangat baik, 2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 20,3 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 22,5 dengan kriteria baik, dan pada sikus III memperoleh skor 26,66 dengan kriteria sangat baik, 3) hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 68,39 %, meningkat pada siklus II menjadi 70,97%, kemudian meningkat kembali pada siklus III menjadi 87,1%. Simpulan penelitian dengan penerapan model VAK dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Disarankan agar guru dapat memilih model sesuai materi yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan media inovatif yang mampu menarik minat siswa untuk belajar misalnya dengan model VAKberbantuPowerPoint agar ketertarikan dan keaktifan siswa dalam belajar lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran; VAK; PowerPoint.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:36
Last Modified: 11 Nov 2015 14:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21090

Actions (login required)

View Item View Item