PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA MELALUI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT BERPENDEKATAN KONSTRUKTIVISME KELAS VII A SMPN 9 MAGELANG


Erwin Adiyaksa Miwantoko , 4001411046 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA MELALUI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT BERPENDEKATAN KONSTRUKTIVISME KELAS VII A SMPN 9 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411046-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang mengajarkan mengenai kumpulan teori, penerapannya yang berlandaskan teori, dan berkembang melalui metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen. Berdasarkan pengamatan di SMP Negeri 9 Magelang, diperoleh data belum maksimalnya penggunaan model pembelajaran yang tepat, siswa masih kesulitan dalam memahami materi, kurangnya kerjasama antar siswa dan kelas terkesan ramai. Untuk mengatasi ini digunakan model sains teknologi masyarakat, karena dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan dapat diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Model tersebut menggunakan pendekatan konstruktivisme. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 9 Magelang tahun ajaran 2014/2015 semester genap. Data yang diambil dalam penelitian ini diantaranya nilai afektif dan psikomotor yang diambil menggunakan lembar observasi, nilai kognitif siswa yang diambil dengan soal evaluasi. Dari tiga siklus ranah afektif, ranah psikomotor, dan ranah kognitif mengalami kenaikan sesuai dengan yang direncanakan. Berdasarkan hasil yang didapatkan dapat diambil kesimpulan model sains teknologi masyarakat berpendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar dengan ketuntasan ranah kognitif sebesar 78,12%, ranah afektif dan psikomotor masuk dalam kategori baik pada kelas VII A SMPN 9 Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sains Teknologi Masyarakat, Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:38
Last Modified: 11 Nov 2015 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21088

Actions (login required)

View Item View Item