PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SD DABIN I DAN IV KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO


Rini Triasningsih, 1401411510 (2015) PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SD DABIN I DAN IV KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411510-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualifikasi akademik merupakan salah satu bentuk wujud dari ukuran kinerja guru. Kualifikasi akademik menjadi syarat yang dimiliki oleh guru. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah guru yang belum memenuhi standar kualifikasi akademik dan kurang optimalnya kinerja guru. Apabila dilihat dari tugas mengajar sehari-hari, tentu guru lulusan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berorientasi pada guru kelas bukan guru bidang studi. Pada kenyataannya masih terdapat guru yang kurang sesuai. Ada pula guru kurang menguasai bahan ajar untuk mata pelajaran tertentu dan terkesan terpaksa mengajar karena system guru kelas. Diketahui pula bahwa sebagian guru tidak menguasai bahan yang akan diajarkan, sehingga siswa hanya disuruh mencatat atau mengerjakan tugastugas.Terdapat guru yang tidak mempunyai bahan ajar yang ditulisnya (buku pegangan), sehingga guru yang bersangkutan merasa tidak percaya diri dan dalam menerapkan pembelajaran tidak efektif dan kondusif. Sebagian guru tidak menguasai landasan kependidikan,tidak mampu melaksanakan fungsi dan tugas sebagai pendidik dan pengajar. Terdapat guru yang tidak mempersiapkan apa yang akan diajarkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualifikasi akademikt erhadap kinerja guru, dan (2) seberapa besar pengaruh kualifikasi akademik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaituseluruh guru Sekolah Dasar Dabin I dan IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo dengan kualifikasi akademik minimal Diploma berjumlah115 guru. Sampel penelitian sebanyak 92 guru yang ditentukan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kualifikasi akademik sebesar 46,16% dan termasuk dalam kategori sedang, (2) tingkat kinerja guru sebesar 87,44% dan termasuk dalam kategori tinggi, (3) Nilai t hitung sebesar 3,283 dan nilai t tabel 1,987 karena 3,283 > 1,987, maka H0 ditolak dan H a diterima secara hubungan kualifikasi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru, (4) koefisien determinasi (R 2 ) 0,107 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 10,7%. Hal ini menunjukkan bahwa 10,7% kinerja guru dipengaruhi oleh kualifikasi akademik, sedangkan 89,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Dapat disimpulkan bahwa kualifikasi akademik mempengaruhi kinerja guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru; Kualifikasi Akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:28
Last Modified: 11 Nov 2015 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21083

Actions (login required)

View Item View Item