PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAANTERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHASMK NEGERI 2 SEMARANG (Studi Pada Kelas XI Tahun Ajaran 2014/2015)


Yan Wahyu Pradhanawati, 7101411065 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAANTERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHASMK NEGERI 2 SEMARANG (Studi Pada Kelas XI Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411065-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Motivasi berwirausaha adalah dorongan dan usaha individu yang menimbulkan semangat terhadap penciptaan suatu kegiatan yang memanfaatkan peluang yang ada di masyarakat dan membentuk suatu organisasi usaha.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XI SMK negeri 2 Semarang 2) Adakah pengaruh prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausahasiswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang 3) Adakah pengaruh lingkungan keluarga dan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap Motivasi berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK N 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel yang diambil adalah berjumlah 204 siswa perwakilan dari setiap jurusan kelas XI, Metode pengumpulan data menggunkan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan keluarga dan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang termasuk katagori sangat baik. Sedangkan motivasi berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang termasuk kategori baik. Uji regresi menunjukkan hasil uji parsial untuk lingkungan keluarga signifikansi 0,00 < 0,05 dan prestasi belajar dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Uji simultan dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ada pengaruh lingkungan keluarga dan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif lingkungan keluarga dan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri2 Semarang baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha siswa perlu adanya dorongan dan dukungan dari lingkungan keluarga, dan siswasebaiknya menerapkan teori yang telah diperoleh dalam mata pelajaran kewirausahaan di sekolah supaya menjadi pelaku wirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan , Motivasi Berwirausaha.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:28
Last Modified: 11 Nov 2015 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21082

Actions (login required)

View Item View Item