PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN(REINFORCEMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD DAERAH BINAAN 5 KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Oktavika Trihesty, 1401411509 (2015) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN(REINFORCEMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD DAERAH BINAAN 5 KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411509-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penguatan menjadi salah satu dari delapan keterampilan dasar mengajar guru. penguatan sangat berperan dalam proses belajar mengajar. Penguatan yang dilakukan oleh guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penguatan dalam kelas akan mendorong siswa meningkatkan usahanya dalam kegiatan belajar mengajar dan mengembangkan hasil belajarnya. Namun, di SD Dabin V kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang masih kurang pemberian penguatan dari guru, siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran, sebagian siswa cenderung malas untuk memperhatikan pelajaran, dan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD daerah binaan V Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilakukan di 11 SD meliputi MI Salafiyah Kalirandu, SD Negeri 01 Bulu, SD Negeri 02 Bulu, SD Negeri 03 Bulu, SD Negeri 04 Bulu SD Negeri 02 Kalirandu, SD Negeri 03 Kalirandu, SD Negeri 04 Kalirandu, SD Negeri 01 Temuireng, SD Negeri 02 Temuireng, serta SD Negeri 04 Temuireng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Dabin V Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 303 siswa. Sampel penelitian sebanyak 170 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik proportionate stratified random sampling. Variabel penelitian meliputi pemberian penguatan sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPA sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, korelasi, dan koefisien determinasi. Sebelumnya, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji linieritas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD daerah binaaan V Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang tahun 2014/2015. Ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,405 dan koefisien determinasi (R2) 16,4%. Disarankan sebaiknya penguatan tetap diberikan kepada siswa agar hasil belajar bisa tercapai secara maksimal. Selain itu, penguatan harus tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi siswa, agar penguatan menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, Penguatan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:23
Last Modified: 11 Nov 2015 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item