PENERAPAN STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) DENGAN METODE LEARNING JOURNALS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS


Puji Rahayu , 4001411042 (2015) PENERAPAN STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) DENGAN METODE LEARNING JOURNALS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411042-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di SMP Mataram Semarang belum sepenuhnya menerapkan prinsip inkuiri ilmiah sehingga partisipasi aktif dari peserta didik masih kurang. Kurangnya partisipasi peserta didik menyebabkan pemahaman konsep (hasil belajar kognitif) dan keterampilan proses sains (KPS) masih rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan diterapkannya strategi POE (predict-observe-explain) dengan metode Learning Journals. Strategi POE merupakan strategi yang memberikan kesempatan peserta didik untuk belajar secara konkret sehingga mampu meningkatkan pemahaman dan KPS. Learning Journals merupakan suatu metode pembelajaran yang mengembangkan kemampuan metakognitif peserta didik, sehingga mengoptimalkan hasil belajar baik hasil belajar kognitif, afektif maupunpsikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan KPS peserta didik setelah diterapkannya strategi POE dengan metode Learning Journals. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Mataram Semarang yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampling menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Kelas VII A dan VII B sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen memiliki peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut terlihat dari hasil uji t-tes yang diperoleh yaitu thitung > ttabel, thitung sebesar 2,09 dan ttabel sebesar 1,98. KPS kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari N-Gain hasil tes KPS menunjukkan kelompok eksperimen ratarata memiliki peningkatan sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Dan hasil uji ttest skor observasi KPS dengan thitung 3,33 > ttabel 1,98. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi POE dengan metode learning journals dapat meningkatkan pemahaman konsep dan KPS dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi POE, Metode Learning Journals, Pemahaman Konsep, KPS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:25
Last Modified: 11 Nov 2015 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21078

Actions (login required)

View Item View Item