PENGARUH PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TERHADAP KEMANDIRIAN ALUMNI PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CITRA ILMU KABUPATEN SEMARANG

Rindi Yanama, 1201411077 (2015) PENGARUH PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TERHADAP KEMANDIRIAN ALUMNI PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CITRA ILMU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1220Kb)

    Abstract

    Sebuah negara tidak akan pernah bisa lepas dari berbagai permasalahan yang berhubungan dengan warga negaranya. Terlebih pada negara-negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi seperti Indonesia. Masalah ketenagakerjaan, pengangguran, dan kemiskinan sudah menjadi masalah pokok bangsa Indonesia. Tingginya tingkat pengangguran ini disebabkan tidak hanya kurangnya life skill tetapi juga pola pikir job seeker pada generasi muda lulusan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, dalam rangka menghadapi persoalan pengangguran perlu dilakukan langkah-langkah yang mengarah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya melalui kegiatan pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pelatihan menjahit di PKBM CITRA ILMU, mendeskripsikan kemandirian alumni peserta didik program pelatihan menjahit, menjelaskan pengaruh dan besar kontribusi program pelatihan menjahit terhadap kemandirian alumni peserta didik. Pendekatan penelitian ekspos fakto. Populasi alumni peserta didik program pelatihan menjahit sebanyak 120 alumni. Sampel penelitian berjumlah 30 alumni, karena populasi lebih dari 100 orang, maka peneliti menggunakan teknik random sampling. Ada dua variabel, yaitu variabel bebas program pelatihan menjahit, dan variabel terikat kemandirian alumni peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalak angket. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian yaitu Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data statistic diperoleh bentuk regresi liniernya adalah Y = 11,073 + 0,77X. Hasil perhitungan F sebesar 12,170 dan probabilitas (Sig.) 0.002 yang berarti lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05, atau Sig. 0,002<0,05, sehingga dapat disimpulkan keputusan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara program pelatihan menjahit terhadap kemandirian alumni peserta didik di PKBM CITRA ILMU”. Hasil R Square sebesar 0,317. Ini berarti besaran kontribusi variable program pelatihan menjahit terhadap kemandirian alumni sebesar 31,70%. Oleh karena itu, peneliti menyarankan : sebaiknya diadakan penelitian lanjutan untuk menemukan factor-faktor lain yang mempengaruhi kemandirian alumni peserta didik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pelatihan menjahit, kemandirian, alumni peserta didik.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 09:29
    Last Modified: 11 Nov 2015 09:29

    Actions (login required)

    View Item